Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DPR dan Pemerintah Sepakati Hibah untuk Asrama Mahasiswa dan Masjid di Luar Negeri

Jakarta, 26/02/2014 MoF (Fiscal) News - Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Pemerintah menyepakati usulan dana hibah untuk pembangunan asrama mahasiswa Grand Sheikh Al Azhar di Kairo, Mesir, dan Masjid Indonesian Muslim Association in America (IMAAM) Centers di Maryland, Washington, DC, Amerika Serikat dalam rapat yang berlangsung pada Selasa (25/2).

Menteri Keuangan M.Chatib Basri menjelaskan, untuk membangun asrama mahasiswa Indonesia di Universitas Al Azhar Kairo, Pemerintah telah menganggarkan sebesar 2,94 juta dolar AS. "Asrama dengan 1.400 kamar tersebut rencanannya akan digunakan untuk mahasiswa Indonesia yang belajar di Universitas Al Azhar, Kairo," ungkap Menkeu.

Atas pemberian hibah tersebut, pihak Al Azhar selanjutnya bertanggung jawab untuk melaksanakan dan mengawasi pembangunannya. "Pihak Al Azhar bertanggung jawab untuk melaksanakan dan mengawasi pembangunan asrama sesuai syarat dan kriteria teknis serta menyampaikan laporan secara berkala kepada Pemerintah Indonesia," ungkapnya.

Selain itu, Banggar dan Pemerintah juga menyepakati pemberian hibah kepada masjid IMAAM Centers di Maryland, Washington, DC, Amerika Serikat sebesar 3 juta dolar AS. Gedung masjid ini nantinya akan digukanan sebagai model masyarakat muslim Indonesia yang berada di luar negeri. Selain itu, masjid ini juga akan mendukung berbagai kegiatan yang bersifat keagamaan bagi warga Indonesia yang berada di AS. Dengan demikian, secara total Banggar memberikan persetujuan atas pemberian hibah senilai 5,94 juta dolar AS.

Untuk menjaga tata kelola dan akuntabilitas pengalokasian hibah tersebut, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) akan terlebih dahulu melakukan review. “Dalam rangka menjaga tata kelola dan akuntabilitas atas pengalokasian anggaran berkenaan, maka sebelum dicairkan, pemberian hibah ini perlu dilakukan review terlebih dahulu oleh BPKP,” ungkap Menkeu.(ak/fwu)