Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DPR Lantik Sohibul Iman sebagai Wakil Ketua DPR Bidang Koordinator Ekonomi dan Keuangan

 

Jakarta, 26/02/2013 MoF (Fiscal) News - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) secara resmi melantik Mohamad Sohibul Iman sebagai Wakil Ketua DPR Bidang Koordinator Ekonomi dan Keuangan. Pelantikan berlangsung dalam sidang paripurna yang dipimpin langsung oleh ketua DPR RI Marzuki Alie di Gedung Nusantara II Senayan, Jakarta, pada Selasa (26/2).

 

Marzuki berharap, kehadiran Sohibul mampu memperkuat peran pimpinan DPR dalam mengemban tugas bangsa dan negera. Ia juga yakin, dengan berbagai pengalaman yang dimiliki, Sohibul akan mampu dengan cepat menyesuaikan diri dengan tugas dan fungsi baru yang telah diamanatkan.Ia memaparkan, hingga kini Sohibul sudah berkiprah pada Komisi XI, VII, dan VI, dan juga berkiprah di beberapa panitia kerja (Panja) dan panitia khusus (Pansus), baik terkait legislasi maupun pengawasan. "Tentu saja menjadi modal yang sangat berharga yang akan membantu pimpinan DPR mengemban amanah menjalankan tugas konstitusional dewan," ucapnya.

 

Marzuki menambahkan, fungsi dalam bidang anggaran merupakan hal yang sama pentingnya dengan fungsi legislasi yang harus dijalankan dewan. "Wakil ketua DPR Bidang Koordinator Ekonomi dan Keuangan akan mengkoordinasikan kegiatan anggaran yang cukup padat, utamanya dimulai pada persidangan keempat yang akan datang," ungkapnya. Tugas dan fungsi anggaran ini memiliki agenda yang sangat rigid, karena undang-undang maupun tata tertib DPR mengatur secara jelas mengenai siklus pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di DPR. "Seperti pembahasan laporan semester, pembahasan pertanggung jawaban  APBN, juga pembahasan APBN perubahan dan tambahan," jelasnya.(ak)