Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DPR Setuju RAPBN 2015 Dibahas Lebih Lanjut

Jakarta, 26/05/2014 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan M. Chatib Basri menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, dengan agenda mendengarkan tanggapan DPR terhadap keterangan pemerintah mengenai pokok-pokok pembicaraan pendahuluan, Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) Tahun Anggaran 2015.


Dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPR RI Muhammad Sohibul Iman tersebut, seluruh fraksi menyatakan setuju agar kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal tahun 2015, yang disampaikan oleh pemerintah, untuk dibahas lebih lanjut sesuai dengan mekanisme di DPR.


Seluruh fraksi menyetujui RAPBN 2015 dapat memberikan ruang gerak yang cukup bagi pemerintahan mendatang, serta substansi utama dalam RAPBN 2015 hanya menghitung kebutuhan pokok pemerintah dan pelayanan kepada masyarakat. "Sejalan dengan pemerintah, kami memandang penting untuk memberikan ruang gerak bagi pemerintah yang akan datang, sehingga RAPBN 2015 memang perlu bersifat baseline," kata juru bicara dari Fraksi Partai Hanura Nurdin Tampubolon, Senin (26/6).


Seluruh fraksi DPR juga memandang optimistis laju pertumbuhan ekonomi RI pada tahun 2015 akan lebih baik dan terus tumbuh. Namun, Juru bicara dari Fraksi PKB Chusnunia mengingatkan, tantangan perekonomian nasional masih akan dihadapkan pada berbagai gejolak eksternal. Meski demikian, pihaknya optimistis, dengan proyeksi perekonomian global yang kian membaik, maka akan memberi dampak positif terhadap laju pertumbuhan ekonomi Indonesia.


Sementara itu,  Fraksi Partai Gerindra dan Fraksi PKS mengingatkan tentang pentingnya pengendalian laju inflasi di tahun 2015. Juru bicara Fraksi partai Gerindra Fary Djemy Francis menyoroti tentang pentingnya untuk terus memprekuat kerja sama dan kordinasi antara pemerintah dan Bank Indonesia, dalam pengendalian inflasi sehingga tidak menghambat pertumbuhan ekonomi nasional. (ak)