Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

DPR Uji Kelayakan Calon Gubernur BI pada 25 Maret

Jakarta, 06/03/2013 MoF (Fiscal) News - Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) secara aklamasi memutuskan menerima pencalonan nama Agus D.W. Martowardojo sebagai calon Gubernur Bank Indonesia. Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi XI DPR Achsanul Qosasi usai rapat internal Komisi XI di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Selasa (5/3) malam.

 

Pihaknya menilai, dengan potensi dan pengalaman yang dimiliki, Agus memang layak lolos dan maju untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). DPR, lanjut Achsanul, rencananya akan melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan terhadap Agus D.W. Martowardojo sebagai calon Gubernur BI pada 25 Maret mendatang. "Sehubungan dengan pengajuan Agus Marto, kami dapat menerima beliau sebagai calon Gubernur BI. Dan selanjutnya, fit and proper test akan dilaksanakan selama satu hari, besoknya baru diputuskan karena harus konsolidasi dengan partai dan fraksi masing-masing," jelasnya.

 

Terkait pencalonan tunggal, Achsanul berpendapat, Komisi XI dapat memahami apabila presiden memang tetap mencalonkan satu orang. Proses pemilihan calon gubernur BI sendiri akan tetap ditindaklanjuti melalui fit and proper test oleh Komisi XI DPR RI. "Intinya, kita menerima Agus Marto sebagai calon Gubernur BI," tegasnya.(ak)