Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Dukung Gerakan Nasional Nontunai, Kemenkeu Luncurkan Cashless Zone

Jakarta, 12/02/2016 Kemenkeu - Untuk mendukung program transformasi kelembagaan dan menyukseskan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT), Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai penggerak utama pertumbuhan ekonomi inklusif melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan meluncurkan Zona Bebas Tunai (cashless zone) di Lingkungan Kementerian Keuangan pada Jumat (12/2) di kompleks Kantor Pusat Kemenkeu, Jakarta.

Kegiatan ini merupakan ajang edukasi sekaligus pengenalan bagi pegawai Kemenkeu dan Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menggunakan beberapa alternatif cara pembayaran nontunai dalam transaksi keuangan, baik menggunakan uang elektronik, kartu debit, maupun kartu kredit.

Bekerjasama dengan Bank Mandiri, Bank Tabungan Negara, Bank Rakyat Indonesia, Bank Negara Indonesia, Dharma Wanita Kementerian Keuangan, serta Koperasi Direktorat Jenderal Perbendaharaan, kegiatan ini diharapkan mampu menjadi tonggak baru dimulainya gerakan nontunai di lingkungan Kemenkeu. Seperti diketahui, GNNT merupakan program nasional Kemenkeu bersama Bank Indonesia dalam rangka meminimalisasi penggunaan uang tunai.

Sepuluh tenant (penjual) dari Koperasi Ditjen Perbendaharaan, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, serta Direktorat Jenderal Pengelolaan dan Pembiayaan Risiko turut berpartisipasi dalam acara ini. Peluncuran cashless zone secara simbolik ditandai dengan dilakukannya transaksi pembelian kepada salah satu tenant di lokasi cashless zone menggunakan uang elektronik, setelah sebelumnya didahului dengan kegiatan Treasury Fun Run 5K yang dibuka langsung oleh Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo.

Tingginya antusiasme masyarakat luas terlihat dari terjual habisnya 300 lembar tiket lari tersebut. Selain itu, perhatian yang besar dari segenap jajaran pimpinan Kemenkeu, menjadi secercah harapan akan terwujudnya cashless society demi Indonesia yang lebih baik.(nv)