Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Dukungan Bagi Pengembangan EBA-SP

Jakarta, 21/12/2015 Kemenkeu - PT Sarana Multig‎riya Finansial (PT SMF) meluncurkan Efek Beragun Aset‎ berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP). Menurut Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, EBA-SP merupakan produk pasar modal berbasis Kredit Perumahan Rakyat (KPR) yang harus terus dikembangkan dan disosialisasikan. “Kami mengapresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendorong terwujudnya EBA-SP ini, Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia dan pendukung pasar modal lainnya,” jelas Menkeu saat Grand Launching EBA-SP di Jakarta, pada Selasa Malam (15/12).


Menkeu berharap EBA-SP dapat memberikan nilai tambah tersendiri, yaitu meningkatkan aliran jangka panjang dari pasar modal untuk pembiayaan perumahan. “Khususnya membantu perbankan dalam memperoleh likuiditas sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan voume KPR,” katanya. Kemudian, EBA-SP juga dapat menjadi produk alternatif investasi bagi stakeholders pasar modal Indonesia.


Ke depannya, Menkeu berharap pengawas perbankan dapat memberikan dukungan terkait regulasi, bagi bagi bank penyalur KPR yang berparstisipasi dalam penerbitan EBA-SP. “kami mengharapkan dukungan regulasi kepada pengawas perbankan sehingga instrumen EBA-SP dapat menjadi lebih menarik untuk dikembangkan,” tambah Menkeu.


Kementerian Keuangan sebagai pemegang saham PT SMF telah memberi dukungan melalui penambahan Penanaman Modal Negara (PMN) secara bertahap, untuk meningkatkan kapitasi usaha dan akan berkomitmen dalam memberikan dukungan peraturan yang diperlukan sesuai dengan kewenangan Kemenkeu. (as)