Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Ekonom Apresiasi Pencapaian Amnesti Pajak

Jakarta, 16/12/2016 Kemenkeu – Dari data dashboard Direktorat Jenderal Pajak, total pelaporan harta program Amnesti Pajak telah melewati angka Rp4.000 triliun. Menurut beberapa pengamat ekonomi, hasil ini perlu diapresiasi dan merupakan sebuah pencapaian sejarah.


Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta memberi apreasi karena hasil dari program Amnesti Pajak dapat melebihi target. “Apresiasi. Tebusan sudah melebihi target awal. Yang penting juga adalah meyakinkan Wajib Pajak agar mereka melakukan repatriasi agar likuiditas dalam negeri untuk mendanai aktivitas pembangunan tersedia dan dapat mengurangi cost of fund,” katanya saat dihubungi Rabu (15/12).


Sementara itu, Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo mengungkapkan bahwa program Amnesti Pajak telah mencatat rekor pencapaian tertinggi di dunia sepanjang sejarah. “Saya mengapresiasi pencapaian yang menjadi tonggak baru sinergi dan kerja keras semua elemen bangsa dalam rangka kemandirian,” katanya.


Namun, ia juga mengingatkan bahwa masih ada tantangan untuk mendorong partisipasi yang lebih luas. “Untuk itu kita wajib menggemakan dan menggelorakan lagi semangat amnesti pajak. Panggilan patriotik menjadi pahlawan dengan menjadi pembayar pajak yang patuh, dan komitmen negara menggunakan uang pajak bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat,” tambahnya. (as)