Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Ekonom: Langkah BI Pertahankan BI Rate Tepat

Jakarta, 16/05/2013 MoF (Fiscal) News – Langkah Bank Indonesia (BI) untuk mempertahankan suku bunga acuannya (BI rate) dinilai cukup tepat, mengingat ekspektasi inflasi masih akan terus berlanjut. Demikian disampaikan Kepala Ekonom Bank Mandiri Destry Damayanti di Jakarta, Rabu (15/5).

Menurutnya, BI masih memiliki beberapa instrumen yang dapat digunakan untuk mengantisipasi kondisi perekonomian saat ini. “Saya rasa BI harus menyeimbangkan ekspektasi inflasi meningkat, tapi BI belum melihat itu karena core inflation masih stabil dan headline inflation pada Bulan April juga turun," ujarnya.

Ia menambahkan, kenaikan BI rate hanya akan dilakukan sebagai senjata pamungkas, mengingat BI harus menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi yang pada triwulan I-2013 cukup melambat, yakni di level 6,02 persen. Jika BI rate berubah, maka dampaknya akan mengenai semua sektor, baik ekonomi makro, pasar modal, maupun perbankan. "Kalau instrumen yang lain dampaknya bisa parsial, misalnya FASBI (Fasilitas Simpanan Bank Indonesia) dinaikkan, maka yang kena hanya cost of fund bank, tapi tidak jaminan landing rate naik. Pokoknya beda dengan menaikkan BI rate. Jadi BI akan pakai instrumen yang ada, kalau tidak mempan, maka akan pakai BI rate," pungkasnya.(ans)