Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Ekonomi Nasional Terjaga, Indeks Kepercayaan Konsumen Meningkat

 


Jakarta, 04/01/2012 MoF (Fiscal) News –
Kepercayaan konsumen menguat kembali pada bulan Desember 2011, dimana Indeks kepercayaan konsumen (IKK) naik sebesar 0,2 % menjadi 91,6. Ini adalah level IKK tertinggi dalam 6 bulan terakhir. Menguatnya kepercayaan konsumen ini didorong oleh penilaian konsumen yang semakin baik terhadap keadaan ekonomi nasional maupun ekonomi lokal saat ini. Demikian disampaikan Kepala Ekonom Danareksa Research Institute Purbaya Yudhi Sadewa dalam Siaran Persnya Rabu (4/1).

Purbaya menjelaskan, perkembangan tersebut menunjukkan bahwa proses ekspansi yang terjadi di perekonomian Indonesia belum terganggu oleh gejolak yang terjadi di perekonomian global. "Selama tahun 2011 ini, CCI (Consumer Confidence Index) telah meningkat secara signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen terus membaik selama tahun 2011," jelasnya.

Purbaya menuturkan, dari kedua komponen utama yang membentuk IKK pada bulan Desember, Indeks Situasi Sekarang (ISS) yang merupakan komponen mengacu pada keadaan saat ini, naik sebesar 2,5 % menjadi 77,6. "Kenaikan ini terjadi karena penilaian konsumen terhadap keadaan ekonomi nasional maupun lokal saat ini meningkat," tukasnya.

Sebaliknya, komponen kedua yaitu Indeks Ekspektasi (IE) yang menunjukkan keadaan masa depan, turun 1,1 % menjadi 102,1. Hal ini menunjukkan bahwa optimisme masyarakat terhadap prospek ekonomi secara keseluruhan dalam enam bulan mendatang sedikit menurun. Penurunan ini sehubungan dengan ekspektasi adanya kenaikan harga dalam 6 bulan ke depan. (sgd)