Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati membuka kuliah umum Kebijakan Fiskal Indonesia kepada sekitar 4000 civitas akademika di Auditorium Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Sulawesi Utara pada Kamis, (18/01).

Ekonomi Sulawesi Utara Memiliki Diversifikasi Beragam dan Prospektif

Manado, 18/01/2019 Kemenkeu - Provinsi Sulawesi Utara adalah salah satu provinsi yang sangat unik. Keunikannya adalah memiliki pendapatan dan pertumbuhan ekonominya selalu di atas rata-rata pertumbuhan nasional dan ini disebabkan karena Sulawesi Utara memiliki diversifikasi yang sangat luar biasa di bidang pertanian dan perdagangan.
 
"Sulawesi Utara menjadi salah satu propinsi yang memiliki prospek luar biasa pada tahun-tahun ke depan. Selain itu, propinsi ini adalah kategori tiga besar penduduk yang paling bahagia di Indonesia," ungkap Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati membuka kuliah umum Kebijakan Fiskal Indonesia kepada sekitar 4000 civitas akademika di Auditorium Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Sulawesi Utara pada Kamis, (18/01). 
 
Dalam kuliah umum selama lebih kurang satu jam, Menkeu memaparkan 5 poin penting yakni kebijakan fiskal dalam perekonomian Indonesia, kondisi perekonomian global, realisasi APBN 2018, kebijakan fiskal dalam APBN 2019, dan kebijakan transfer ke daerah dan Dana Desa. 
 
Selain itu, Menkeu menyambut baik dengan dibukanya Tax Center di Universitas Sam Ratulangi hasil kerjasama dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kantor Wilayah Sulawesi Utara.
 
Menkeu berharap, Universitas Sam Ratulangi akan terus menjadi salah satu universitas yang terus menciptakan kualitas manusia yang lebih baik serta bersiap menghadapi perubahan lingkungan revolusi industri dan globalisasi adalah sebagian tantangan yang butuh aksi demi pemerataan dan kokohnya NKRI.
 
"Semoga Unsrat menjadi salah satu universitas yang terus menciptakan kualitas manusia yang lebih baik. Saya berharap bahwa seluruh instrumen APBN terutama yang melalui daerah bisa dioptimalkan dengan adanya partnership antara Pemerintah Daerah dan akademisinya karena kalau kita lihat transfer ke daerah kita melihat dana alokasi umum semakin lama semakin meningkat artinya konsep desentralisasi secara ekonomis dan dijalankan sebagaimana mestinya," pungkas Menkeu. (ip/ind/nr)