Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Ekspor 2014 Fokus Pada Produk Bernilai Tambah

Jakarta, 18/02/2014 MoF (Fiscal) News – Pemerintah optimistis bahwa ekspor akan mengalami peningkatan di tahun 2014 karena perbaikan ekonomi Amerika Serikat. Ekspor akan difokuskan pada nilai tambah dan perluasan pasar.

“Kemungkinan ada penurunan ekspor dari sisi mineral dan batu bara karena adanya kebijakan larang ekspor, sebab itu harus digenjot peningkatan ekspor dari sisi yang lain. Cari apa saja, yang banyak peluangnya,” jelas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Senin (17/2).

Hatta mengatakan, peningkatan pasar ekspor sangat penting untuk meningkatkan kinerja ekspor. Selain itu, Hatta mengatakan perlu adanya peningkatan pasar ekspor untuk produk bernilai tambah. "Strategi industri dan perdagangan saat ini dan ke depan itu nilai tambah," terangnya.

Hatta menjelaskan, perbaikan ekonomi Amerika Serikat akan membantu meningkatkan ekspor. Pasalnya akan terjadi peningkatan permintaan produk dan harga komoditas. Menurutnya, tidak dapat dipungkiri perbaikan harga komoditas akan mendorong kinerja ekspor karena hampir sebagian besar ekspor Indonesia adalah produk primer. “Tapi perbaikan AS ini menegaskan adanya tappering, sehingga terjadi flight to quality karena itu transaksi berjalan (current account) dan neraca modal harus dijaga. Kita akan menjaga, berupaya menarik investasi dengan memperbaiki iklim usaha,” tuturnya.

Lebih lanjut, Hatta mengatakan bahwa fokus saat ini adalah pertumbuhan ekonomi yang stabil tanpa harus  menghilangkan momentum pertumbuhan. Oleh karena itu, pemerintah akan  mendorong pertumbuhan ekonomi yang tinggi, tidak mendorong sisi supply, tetapi lebih ke demand side. “Jangan sampai supply terbatas sehingga membuat defisit (transaksi berjalan) menganga lebih besar. Kita realistis untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di kisaran 5,8%-6%,” jelas Hatta.(ans)