Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Embung Akan Menjadi Salah Satu Prioritas Pembangunan di Desa

Jakarta, 12/01/2017 Kemenkeu - Tahun ini, Dana Desa mengalami kenaikan menjadi Rp60 triliun. Menurut data Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), infrastruktur untuk sumber air akan menjadi salah satu prioritas pembangunan di desa. Embung menjadi salah satu prioritas sebagai infrastruktur penunjang di bidang pertanian. Oleh karena itu, Kementerian Desa dan PDTT akan bekerja sama dengan Kementerian Pertanian.


“Embung ini karena diminta Menteri Pertanian, dalam tiga bulan kemarin sudah sebanyak 628 embung yang terbangun. Soal embung ini, sudah kita sosialisasikan ke desa-desa, bahwa desa berbasis pertanian agar mengalokasikan sebagian dana desanya untuk membangun embung,” kata Menteri Desa dan PDTT Eko Sandjojo, seperti dikutip melalui laman Kementerian Desa dan PDTT pada Kamis (12/01).


Dari 74.754 desa di Indonesia, sebanyak 82,77 persen di antaranya memiki sumber penghasilan di bidang pertanian. Namun sebagian besar desa hanya mampu panen 1,4 kali dalam setahun karena kekurangan sumber air.  “Kalau desa punya embung, petani akan mampu panen hingga 3 kali dalam setahun. Sehingga produktifitas akan meningkat,” katanya. Ke depan, desa diharapkan mampu memproduksi hasil pertanian dalam skala besar dan terintegerasi, dengan ditambah sarana pasca panen. (as/rsa)