Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Empat Cerminan Transformasi di Sekretariat Jenderal

Jakarta, 20/01/2016 Kemenkeu –Saat ini, Kementerian Keuangan tengah melaksanakan Transformasi Kelembagaan yang dilakukan di seluruh lingkungan unit eselon I. Pada Sekretariat Jenderal (Setjen), Transformasi Organisasi Setjen disasar agar dapat mendorong efektivitas pelaksanaan fungsi di lingkungan Setjen dan Kemenkeu. “Setjen diharapkan nanti merupakan suatu organisasi yang secara fungsi bisa mendorong peningkatan kualitas kinerja Kemenkeu,” tegas Sekretaris Jenderal Hadiyanto saat wawancara eksklusif dengan Media Keuangan, selepas pelaksanaan kegiatan The 4th ASEAN Audit Regulators Group (AARG) Meeting and Inspection Workshop di Bali, Rabu (20/01).


Menurutnya, transformasi yang sedang dilakukan saat ini mencerminkan 4 hal. Pertama adalah penyederhaan bisnis proses. “Kalau pengambilan keputusan di Setjen, di level Kemenkeu yang lintas eselon I lebih sederhana, ini akan mempersingkat proses pengambilan keputusan,” katanya. Kedua, peningkatan pada pelayanan publik. Hal ini, menurutnya, akan terkait jika proses bisnis lebih sederhana dan dapat dilihat melalui survey kepuasan pelayanan. “Kalau bisnis proses lebih singkat, secara relatif pelayanan akan meningkat,” tambahnya.


Ketiga, kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang harus mampu menghadapi tantangan baik di regional maupun global. “Kita harus bisa catch-up dengan tantangan-tantangan itu, termasuk peningkatan pelayanan yang lebih baik. Terakhir, adalah pemanfaatan IT yang ditujukan untuk permudah bisnis proses. “IT yang dibangun ini harus bisa address masalah proses bisnis dan pelayanan publik,” tegas Hadiyanto. (as)