Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Empat Kategori Daerah yang Ditunda Penyaluran DAU-nya

Jakarta, 25/08/2016 Kemenkeu - Pemerintah akan menunda penyaluran sebagian Dana Alokasi Umum (DAU) tahun anggaran 2016 untuk 169 daerah. Persentase DAU yang ditunda penyalurannya tersebut bervariasi, tergantung posisi kas daerah masing-masing.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Boediarso Teguh Widodo merinci, ada empat kategori daerah yang akan ditunda penyaluran DAU-nya. Pertama, untuk daerah-daerah dengan posisi kas yang sangat tinggi, dikenakan penundaan DAU sebesar 50 persen.

Kedua, untuk daerah-daerah dengan posisi kas yang tinggi, dikenakan penundaan DAU sebesar 40 persen. Ketiga, daerah-daerah dengan posisi kas yang cukup tinggi, dikenakan penundaan DAU sebesar 30 persen. Keempat, daerah-daerah dengan posisi kas sedang, dikenakan penundaan DAU sebesar 20 persen.

“Persentase tersebut dihitung dari besaran penyaluran DAU bulan September-Desember masing-masing daerah. Di luar daerah yang masuk dalam empat ketegori tersebut, penyaluran DAU dilakukan secara normal,” jelasnya baru-baru ini sebagaimana dikutip dari laman Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan.

Seperti diketahui, total besaran DAU yang ditunda penyalurannya mencapai Rp19,4 triliun. Penundaan penyaluran sebagian DAU tersebut dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 125/PMK.07/2016 tentang Penundaan Penyaluran Sebagian Dana Alokasi Umum Tahun Anggaran 2016.(nv)