Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Empat Pilar Kebijakan Strategis Transformasi Kelembagaan

Jakarta, 04/05/2016 Kemenkeu - Dalam rangka memperoleh masukan (feedback) atas pemanfaatan output program Transformasi Kelembagaan (TK), serta untuk menjaga kualitas output program TK, Central Transformation Office (CTO) Kementerian Keuangan melakukan kegiatan Open Forum Internal. Kegiatan yang diselenggarakan di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) pada Rabu (4/5) ini mengangkat tema ‘Transformasi Milik Kita’.

"Saya kira acara open forum ini sebagai bagian perubahan, change management yang sudah digulirkan,” kata Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Organisasi, Birokrasi, dan Teknologi Informasi (OBTI) Susiwijono selaku Ketua Pelaksana Harian Tim Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan Pusat (TRBTKP/CTO) dalam sambutannya.

Menurutnya, terdapat beberapa kebijakan strategis di tingkat Kementerian Keuangan yang sudah disatukan, sehingga menjadi sejalan dengan program TK. Kebijakan strategis tersebut terdiri dari empat pilar. Pilar pertama adalah perencanaan strategis dengan merumuskan visi, misi, tujuan, serta sasaran Kementerian Keuangan untuk jangka menengah dan panjang.

"Kita merumuskan visi, misi, tujuan dan sasaran Kementerian Keuangan ke depan, jangka menengah dan panjang,” jelasnya.
 
Pilar kedua, yang berkaitan dengan berbagai inisiatif strategis program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan yang telah dihasilkan dan dijalankan oleh Project Management Office (PMO) dan CTO. Selanjutnya, pilar ketiga dan keempat terkait dengan pengelolaan kinerja yang sebelumnya dikelola oleh Sekretariat Jenderal (Setjen), dan pengeloaan risiko yang sebelumnya dikelola di Inspektorat Jenderal (Itjen).


"Dari empat pilar tadi, kita membentuk transformasi kelembagaan, sehingga nanti akan sejalan semuanya," jelasnya.

Selanjutnya, dalam kegiatan tersebut juga akan dilakukan focus group discussion dengan membagi menjadi enam kelompok dengan enam tema. Keenam tema tersebut adalah tema kepabeanan dan cukai, tema sentral, tema perpajakan, tema perbendaharaan I dan II, serta tema penganggaran.(ab)