Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Empat Poin Tukar Pikiran ASEAN-Komisi Perdagangan Eropa


Jakarta, 08/05/2011 MoF (Fiscal) News - Tukar pikiran delegasi ASEAN dengan delegasi Komisi Perdagangan Eropa, menghasilkan empat poin penting bagi kemajuan perekonomian kawasan ASEAN. Pertemuan tersebut merupakan wadah konsultasi negara-negara ASEAN dengan Komisi Perdagangan Eropa, serta menjadi pre-event meeting KTT ASEAN ke – 18 yang berlangsung di Jakarta pada 7 – 8 Mei 2011.

Poin pertama adalah harapan teralisasinya Asean Economic Community pada 2015 serta ASEAN Free Trade Area, dengan menggandeng China, Jepang, Korea, Australia, Selandia Baru, dan India sebagai mitra dialog. Para menteri menyambut baik kemajuan proses integrasi ekonomi regional ASEAN dan mendorong ASEAN dalam upaya integrasi ekonomi di Asia Timur / Asia Pasifik. Kedua, ASEAN Member States (AMS) dihimbau untuk mengadopsi serangkaian kebijakan makro negara-negara yang terbukti dapat memulihkan Eropa dari krisis hutang yang terjadi selama 2010.

Ketiga, perlunya bahasan lebih lanjut terkait pertemuan informal para pejabat senior Asia Eropa / Senior Officials’ Meeting on Trade and Investment (SOMTI-ASEM) di Brussel, Belgia pada 15-16 Februari 2011, mengenai aspek perdagangan dan investasi berkelanjutan yang dapat dibahas di pertemuan formal ASEM 2012. Terakhir adalah pentingnya WTO sebagai sistem perdagangan multilateral yang kuat, yang telah berhasil memajukan perdagangan bebas, termasuk membantu untuk membatasi proteksionisme selama krisis keuangan global. Selain itu, dalam pertemuan tersebut juga disampaikan harapan percepatan masuknya Laos ke dalam WTO. (jc)