Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Enam Fraksi DPR Sepakati Kenaikan BBM

Jakarta, 17/06/2013 MoF (Fiscal) News – Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri mengaku tidak mau berspekulasi tentang persetujuan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi oleh DPR. Namun, dirinya yakin BBM akan naik karena sebagian besar fraksi DPR menyetujui seluruh rencana yang disiapkan untuk kenaikan BBM. “Kalau kenaikan BBM enam fraksi sepakat, jadi mestinya sih kalau lihat dari keputusan Banggar Insya Allah sesuai dengan harapan, tapi kan kita lihat nanti, saya tidak mau mendahului, kita lihat hasil sidang paripurna,” kata Menkeu.

Menkeu menginginkan agar anggaran subsidi yang disediakan Pemerintah dapat tepat sasaran. Hal ini guna menyelamatkan keuangan negara dari defisit yang membengkak akibat besarnya anggaran subsidi tersebut. “Sekarang saya tak punya harapan tapi saya punya posisi. Posisinya adalah bahwa alokasi dari subsidi BBM yang miss target itu harus berubah kepada yang miskin ya, itu saja. Nah ini dalam banggar sudah disepakati raskinnya, kemudian Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan langsung 4 bulan,” ujar Menkeu.

Menkeu berharap, dengan adanya pemberian BLSM melalui sistem kartu, pemberian subsidi dapat tepat sasaran karena diterima oleh masyarakat yang berhak dan mampu menutup celah penyelewengan pemberian subsidi. “Itu sebabnya sekarang pakai sistem kartu dan ini jauh lebih baik karena ada barcode, jadi tidak bisa dua kali. Terus kemudian kartu ini by name by address dan kartu ini database yang dulu yang selalu diperbaiki. Saya lihat akan lebih baik targetnya karena ini adalah database yang diperbaiki terus,” pungkas Menkeu. (nic)