Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Era Komoditas Berakhir, Menkeu: Saatnya Cari Sumber Pertumbuhan Baru

Jakarta, 26/11/2015 Kemenkeu - Agar dapat bersaing dengan negara-negara emerging lain, Indonesia harus mulai mencari strategi untuk menentukan sumber pertumbuhan ekonominya ke depan. Hal ini diungkapkan Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro dalam Kompas 100 CEO Forum pada Kamis (26/11) di Jakarta.

Seperti diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia telah menggantungkan pertumbuhannya pada ekspor sektor komoditas, khususnya bahan mentah. Padahal, kenyataannya, era harga komoditas tinggi saat ini sudah berakhir.

“Tentunya kita harus mulai memikirkan era baru setelah era komoditas itu berakhir. Jangan sampai kita melupakan apa yang akan menjadi sumber pertumbuhan kita ke depan,” ungkapnya.

Menurut Menkeu, penurunan harga komoditas inilah yang membuat Indonesia kehilangan sumber pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Pada akhirnya, hal tersebut menyebabkan perlambatan pertumbuhan Indonesia pada tahun ini, di samping masalah perlambatan ekonomi global.

“Jadi sudah clear bahwa yang menyebabkan perlambatan pertumbuhan tahun ini, selain masalah global, ada masalah yang fundamental tadi, yaitu kita memang kehilangan sumber pertumbuhan yang sangat signifikan,” urainya.

Oleh karena itu, menurutnya, Indonesia harus segera menemukan strategi yang tepat terkait sumber pertumbuhan ekonominya. Hal ini diperlukan untuk menjaga daya saing Indonesia di antara negara-negara emerging market lain, seperti Tiongkok, India, Turki, Brazil, Rusia, dan Afrika Selatan.

“Apalagi sekarang kita lihat Vietnam dan Filipina di ASEAN itu tumbuhnya cukup spektakuler, terutama dalam beberapa tahun terakhir. Jadi clear, kita harus cari guidance, kita harus cari strategi ke depan, apa yang jadi sumber pertumbuhan kita,” pungkasnya.(nv)