Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Eropa Optimis dengan Kemampuan Sendiri




Jakarta, 24/01/2012 MoF (Fiscal) News –
Plt. Kepala Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro mengatakan, Eropa saat ini masih optimis dapat menyelamatkan kondisi keuangannya dengan kemampuan mereka sendiri. Hal tersebut disampaikan Bambang saat ditemui di Gedung A.A Maramis Kementerian Keuangan, Jakarta pada Selasa (24/1), terkait dengan pertemuan G20 di Mexico beberapa hari lalu.

Krisis utang Negara-negara Eropa telah menimbulkan ketidakpastian secara global. Menurut Bambang, walapun Eropa yakin dengan kemampuan keuangannya, International Monetary Fund (IMF) sendiri telah menyiapkan sumber dana sebagai antisipasi contingent effect . “Pada intinya, Eropa masih cukup yakin mereka masih bisa menyelamatkan diri mereka sendiri dengan kemampuan keuangan mereka, sehingga kalaupun ada usulan IMF menambah resources-nya itu untuk menjaga contingent effect. Misalnya, krisis Eropa itu melebar ke negara lain dan butuh bantuan, IMF siap,” jelas Bambang.

IMF telah mempersiapkan penambahan dana sebesar 600 miliar dolar untuk akses yang dapat dinikmati oleh negara-negara anggota. Namun, Bambang juga menekankan bahwa antisipasi krisis tidak hanya untuk penyelamatan Eropa saja. “Intinya, jangan sampai IMF diperkuat hanya untuk menyelematkan Eropa, karena Eropa bilang saya siap untuk menangani saya sendiri,” tukas Bambang.

Persoalan yang terjadi di Eropa, menurut Bambang, adalah tidak adanya konsep seperti Indonesia, dengan CMIM (Chiang Mai Initiative Multilateralization), dimana CMIM merupakan kesepakatan untuk membantu semua negara anggotanya. “Di Eropa kan tidak ada mekanisme itu. Sehingga kalau ada mekanisme penyelamatan itu harus lewat IMF,” urai Bambang. (sgd)