Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Fadel Muhammad : Asia Penggerak Utama Ekonomi


Jakarta, 23/03/2011 MoF (Fiscal) News - Kekuatan ekonomi Asia terletak pada kawasan berpenduduk 600 juta lebih dengan Produk Domestik Bruto (PDB) rata-rata sekitar USD1,5 triliun. Saat ini Asia, termasuk Indonesia, menjadi penggerak utama ekonomi di dunia. “80 persen dari asia, sisanya dari luar asia,” imbuh Menteri Perikanan dan Kelautan Fadel Muhammad saat memberikan pembahasan dalam Indonesia International Conference Focus on Indonesia’s Economy (IICFIE) 2011 di Gedung A.A Maramis Kementerian Keuangan, Jakarta pada Rabu (23/03).

Menurutnya, Asia merupakan jantung perekonomian yang dikelilingi oleh India di sebelah barat, Jepang, China dan Korea di timur laut, serta Australia dan New Zealand di Selatan. “Kita melihat bahwa perkembangan di dunia hari ini bergeser, berpindah ke Asia. Di Asia ini, kita lihat ada tarik menarik yang sangat besar, baik China, ada Jepang, ada India, dan terbesar tarik menarik antara India dan China, untuk bicara investasi dan ekonomi ke depan,” ujar Fadel. Melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia diatas 6%, maka muncul istilah Chindonesia, yaitu China, India, Indonesia. “Nah, Chindonesia ini artinya di regional ini, muncul pemikiran baru. Maka kita harapkan ada pertemuan tokoh-tokoh regional, kita undang untuk mendudukan persoalan. Bikin pemetaan, dan dari sana kita lihat nanti. Apa langkah indonesia untuk ke depan, apa investasi kita masih bersaing,” ungkapnya.

Lebih lanjut Fadel mengatakan, Indonesia khususnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono  berharap, perekonomian bisa tumbuh sampai 7%. Untuk itu, perlu dilakukan beberapa strategi, salah satunya adalah pengembangan koridor ekonomi Indonesia. “Forum ini (IICFIE) kita harapkan bisa menjadi suatu forum baru di regional ini,” pungkasnya.
(sgd)