Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

FEKK: APBN untuk Peningkatan Layanan Dasar dan Pengurangan Kesenjangan

Semarang, 04/09/2018 Kemenkeu - Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah, Budiyanto membuka seminar Forum Ekonom Kementerian Keuangan (FEKK) di Hotel Novotel Semarang pada Selasa, (04/09). 

Acara dengan tema "APBN untuk Peningkatan Layanan Dasar dan Pengurangan Kesenjangan" ini dilanjutkan dengan diskusi panel yang dipandu oleh moderator  Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II, Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Jawa Tengah Joko Pramono. 

Topik pertama disampaikan oleh Rofyanto Kurniawan, Kepala Pusat Kebijakan Pendapatan Negara Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan. Tema yang disampaikan adalah "Insentif Pajak untuk Peningkatan Ekspor dan Investasi". 

Kedua, Direktur Penerimaan Negara Bukan Pajak Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Mariatul Aini menyampaikan tentang Undang-Undang Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebagai Optimalisasi Penerimaan Negara dan Peningkatan Pelayanan.

Pada sesi materi ketiga, Plt. Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah, Yuni Wibawa menyampaikan tentang Kinerja Fiskal di Jawa Tengah. 

Pada sesi keempat, dosen senior Universitas Diponegoro Akhmad Syakir Kurnia selaku Ekonom Kementerian Keuangan Provinsi Jawa Tengah menyampaikan kondisi Ekonomi Makro Provinsi Jawa Tengah.

Pelaksanaan seminar ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk menginformasikan kebijakan ekonomi dan fiskal dengan lebih tepat, akurat, dan up to date. Selain itu, juga untuk mendapatkan masukan dari masyarakat untuk peningkatan kualitas belanja negara mewujudkan peningkatan layanan dasar dan pengurangan kesenjangan. (bw/nr/rsa)