Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Fitch Ratings Tegaskan Peringkat Rating Indonesia pada BBB-

Jakarta, 10/11/2015 Kemenkeu - Fitch Ratings menegaskan Peringkat Rating (Sovereign Credit Rating) Republik Indonesia di posisi BBB-/stable outlook (Investment Grade) pada Jumat (6/11) pekan lalu. Sebelumnya, Fitch juga telah melakukan penegasan atas Sovereign Credit Rating Indonesia pada BBB-/stable outlook pada 13 November 2014 lalu.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menyatakan, penegasan Fitch ini meneguhkan kembali pengakuan terhadap komitmen otoritas untuk melanjutkan reformasi struktural di tengah ketidakpastian ekonomi global. Menurutnya, respons kebijakan yang ditempuh otoritas telah membuahkan hasil positif, baik dari sisi stabilitas makroekonomi maupun dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan berkualitas.

Dalam siaran persnya, Fitch menyatakan empat faktor kunci yang mendukung keputusan penegasan bagi sovereign credit rating Indonesia. Pertama, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang relatif lebih tinggi dan stabil dibandingkan negara peers. Kedua, berbagai inisiatif reformasi struktural melalui penerbitan rangkaian paket kebijakan ekonomi yang akan mampu memperbaiki iklim investasi. Ketiga, posisi utang pemerintah yang terjaga dan relatif lebih baik dibanding negara peers. Terakhir sektor perbankan yang kuat dan solid.

Lebih lanjut, Fitch menyatakan bahwa reformasi struktural yang dilakukan melalui berbagai paket kebijakan ekonomi yang telah dikeluarkan, seperti percepatan proses perizinan dan kebijakan pengupahan akan memperbaiki iklim investasi secara signifikan dalam jangka panjang dan mendorong pertumbuhan yang lebih tinggi. Di samping itu, Fitch menyatakan bahwa sektor perbankan Indonesia kuat dan solid dengan rasio kecukupan modal yang tinggi dan eksposur terhadap depresiasi rupiah yang terbatas.(nv)