Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

FKSSK : Sektor Keuangan dalam Keadaan Baik

Jakarta, 23/10/2015 Kemenkeu - Meskipun ada tekanan di pasar saham dan mata uang rupiah, namun Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) menilai bahwa keadaan sektor keuangan Indonesia dalam keadaan baik. “Secara umum sektor keuangan kita dalam keadaan baik, meskipun ada tekanan di bursa dan rupiah, tapi belakangan ini ada perbaikan yang cukup signifikan,” kata Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro saat konferensi pers FKSSK di Kantor Pusat DJP, Jakarta pada Kamis Malam (22/10).


Menurutnya, belakangan terjadi perbaikan di pasar modal dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Selain itu, sektor perbankan juga dianggap masih stabil. “Kredit naik dari 10 persen, sekarang masuk 11 persen lebih. Posisi penjamin simpanan masih aman," tambahnya.


Sementara itu, terkait RUU Jaring Pengaman Sistem Keuangan (JPSK), FKSSK terus melakukan pemantauan atas perkembangan yang ada. Sampai saat ini, progresnya masih dalam pembahasan di DPR. ” Kami juga pantau pembahasan UU JPSK. Ada beberapa isu di JPSK yang harus kami sikapi. Agar pemerintah dan DPR setujui itu," ungkap Bambang.


Para anggota FKSSK juga terus berkoordinasi terkait paket kebijakan ekonomi kelima yang baru saja diluncurkan, yaitu terkait insentif pajak untuk revaluasi, penghapusan pajak berganda untuk kontrak kolektif Dana Investasi Real Estate (DIRE). (as)