Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

FKSSK Tengah Perdalam Pembahasan Defisit Kembar dan Inflasi

Jakarta, 17/04/2013 MoF (Fiscal) News – Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo mengatakan bahwa pihaknya tengah memperdalam pembahasan mengenai tiga isu utama, yakni defisit transaksi berjalan, inflasi serta defisit anggaran dalam rapat Forum Komunikasi Sistem Stabilitas Keuangan (FKSSK).

“Indonesia sedang mengalami defisit transaksi berjalan dan anggaran, jadi itu kami dalami, disamping mengevaluasi kondisi inflasi yang terjadi,” ujar Menkeu, Senin (15/4). Menkeu mengatakan bahwa kajian tersebut tidak terlepas dari aspek lain, diantaranya adalah Surat Berharga Negara, perbankan, pasar modal, industri keuangan non-bank, pasar uang dan sebagainya. “Kami juga menyusun kebijakan respon yang bakal dilakukan pemerintah dari sisi FKSSK. Tapi untuk detail policy-nya tunggu difinalisasi dahulu. Saat ini belum bisa disampaikan,” ungkap Menkeu.

Menkeu menjelaskan bahwa kebijakan tersebut harus datang dari Kemenkeu, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). “Kebijakan itu sudah disiapkan untuk menjaga anggaran yang defisit supaya berkurang, respon dalam bentuk pengendalian Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, jumlah anggaran yang akan dipangkas bila Indonesia belum mencapai fiskal yang sehat,” kata Menkeu. (iin)