Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Fundamental Ekonomi Indonesia Kuat Hadapi Kondisi Global

 

Jakarta, 22/09/2011 MoF (Fiscal) News -  Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, Indonesia tidak perlu panik dalam menghadapi kondisi global. Ia menilai, fundamental ekonomi Indonesia masih kuat, dan kinerja pasar modal  juga relatif baik. Demikian disampaikannya saat ditemui di Jakarta pada Kamis (22/9).

Menurut Hatta, situasi yang dihadapi saat ini adalah permasalahan global. Artinya, bukan hanya Indonesia yang menghadapinya, namun juga negara lain di dunia. “Kinerja pasar modal kita masih tetap relatif terbaik kalau kita ukur. Artinya, permasalahan ini adalah permasalahan global dari para pelaku terhadap tren kemungkinan terjadinya pertumbuhan, terutama situasi Eropa yang volatile, oleh sebab itu kita tidak perlu panik,” jelas Hatta.

Selain itu, lanjut Hatta, Indonesia juga sudah mempersiapkan respon kebijakan yang terkoordinasi antara pihak pemerintah maupun Bank Indonesia (BI).  “Baik BI maupun pemerintah memiliki koordinasi yang baik dalam merespon setiap hal itu, yang terkait dengan pencadangan dana buyback dan stabilisasi obligasi, kemudian stabilisasi pasar SUN (Surat Utang Negara) kita. Juga BI, saya kira juga cukup tangguh dengan cadangannya bila memang diperlukan. Dan saya yakin itu juga dilakukan,” ujar Hatta.

Hatta menambahkan, daya beli masyarakat Indonesia saat ini dalam keadaan yang cukup baik. “Kita keep buying pada pasar domestik kita, dan kembali lagi yang namanya capital itu flight to quality,” tukasnya. Namun demikian, Hatta mengatakan Indonesia tidak boleh memandang sebelah mata terhadap kondisi global.  Dan tetap belajar dari pengalaman yang pernah dialami. “Yang buruk sekali di tahun 98. Kita punya pengalaman yang cukup baik di 2008. Pasca waktu itu, 10 respon yang dilakukan masih sangat relevan dilakukan sekarang ini,” pungkasnya. (sgd)