Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Fundamental RI Terjaga, Target Pertumbuhan Berpeluang Tercapai

Jakarta, 13/05/2014 MoF (Fiscal) News - Pemerintah optimistis kondisi perekonomian nasional akan lebih baik, sehingga target pertumbuhan ekonomi yang ditetapkan nantinya dapat tercapai. Demikian disampaikan Menteri Keuangan M. Chatib Basri menghadiri peluncuran Mandiri Institute di Hotel Four Season, Jakarta, Senin (12/5). Menkeu memproyeksikan, perbaikan di sejumlah negara maju seperti Jepang, Tiongkok dan Amerika Serikat (AS) akan memberi kontribusi positif terhadap membaiknya pertumbuhan ekonomi Indonesia.


Oleh karenanya, Menkeu optimisitis kinerja ekspor Indonesia pada kuartal II-2014 akan membaik sehingga mendorong laju pertumbuhan ekonomi. "Ekonomi AS saat ini mulai membaik jika dibandingkan dengan tahun 2013 yang lalu," jelasnya. Terkait perkembangan kondisi geopolitik, Menkeu menjelaskan, perkembangan di Ukraina seperti yang belum diharapkan, tentu akan membawa dampak negatif terhadap pergerakan harga komoditas global. "Seperti diketahui Ukrania mengekspor 25 persen dari kebutuhan energi negara-negara Eropa," jelasnya.


Namun demikian, pihaknya berharap, dengan berbagai upaya dari seluruh elemen bangsa, target pertumbuhan ekonomi yang nantinya akan ditetapkan dapat tercapai. Menkeu optimistis, inflasi akan tetap terkendali, konsumsi rumah tangga yang tetap terjaga serta current account deficit akan lebih baik. "Saya cukup optimis 'range'nya 5,8-6,0 persen, karena dengan inflasi rendah dan terkendali, maka daya beli akan tinggi dan mendorong pertumbuhan," imbuhnya. (ak)