Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

G20 Pererat Kerja Sama dengan Bank Dunia dan IMF

Jakarta, 22/04/2014 MoF (Fiscal) News - Para Menteri Keuangan negara anggota G20 mendorong kerja sama yang lebih erat antara World Bank Group (WBG), the International Monetary Fund (IMF) dan seluruh negara anggota G20 untuk mendorong kebijakan ekonomi yang baik dan responsif.

Hal tersebut merupakan hasil pertemuan World Bank–IMF Spring Meeting yang dihadiri oleh Menteri Keuangan M. Chatib Basri bersama dengan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo pada 12-13 April 2014 lalu. Pembahasan dalam pertemuan tersebut difokuskan pada upaya pemulihan ekonomi yang kuat dan inklusif serta pertumbuhan ekonomi yang saling terkoneksi.

Dalam pertemuan tersebut, para menteri berharap, struktur WBG yang baru dapat memberikan global knowledge sharing yang bermanfaat bagi semua negara anggota G20. Selain itu, struktur yang baru juga diharapkan dapat memperkuat peran serta dan dukungan atas kerja sama regional dan selatan-selatan.

Terkait infrastruktur, para menteri mendorong perbaikan kualitas investasi di bidang infrastruktur, mengingat pentingnya hal tersebut dalam mendorong pertumbuhan, partisipasi kerja, kesejahteraan, serta pengentasan kemiskinan di berbagai negara. Dalam hal ini, para menteri mendorong WBG untuk menggali potensi pinjaman International Bank for Reconstruction and Development (IBRD) yang lebih baik.

Selain itu, mereka juga mendorong agar WBG dan IMF dapat memperkuat kerja sama dengan Sub Sahara Afrika. Hal ini untuk memastikan agar kondisi keuangan dan peningkatan kapasitas memberikan dampak baik pada upaya pengentasan kemiskinan, peningkatan partisipasi kerja, dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

Masih dalam acara yang sama, para menteri menyatakan keprihatinannya atas semakin memburuknya situasi kemanusiaan di Republik Afrika Tengah, Sudan Selatan dan Siria. Mereka mendorong agar WBG dan IMF membantu proses perbaikan di negara-negara tersebut, termasuk isu yang sedang dihadapi Ukraina. WBG diharapkan dapat senantiasa berkolaborasi dengan sistem Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang telah didefinisikan pada Post-2015 Millennium Development Goals (MDGs).(wa)

 

Selengkapnya: Menteri Keuangan menghadiri The 2nd G20 Finance Ministers dan World Bank – IMF Spring Meeting di Washington DC, 10-11 April 2014