Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Gedung Dwi Warna Kini Jadi Museum Perbendaharaan

Bandung, 22/03/2016 Kemenkeu – Gedung Dwi Warna di Bandung kini telah resmi menjadi museum perbendaharaan. Gedung yang berfungsi sebagai Kantor Wilayah Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat tersebut merupakan gedung heritage yang memiliki nilai sejarah panjang pada organisasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu).


“Ini akan menjadi wahana yang baik untuk mengomunikasikan sejarah penganggaran di Kementerian Keuangan,” jelas Direktur Jenderal Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono saat memberikan penjelasan peresmian museum perbendaharaan di Bandung (22/03). Peresmian museum perbendaharaan ini diharapkan dapat mendokumentasikan berbagai kebijakan penganggaran, sejak awal terbentuknya Kemenkeu.


Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo juga menyampaikan bahwa peresmian museum perbendaharaan ini merupakan suatu inovasi, sehingga warga Kemenkeu diharapkan turut bangga memiliki gedung yang bernilai sejarah. “Ini merupakan inovasi menurut saya, sehingga warga kemenkeu seharusnya turut bangga karena dari nilai gedungnya saja memiliki nilai sejarah,” pesan Mardiasmo.


Sebagai informasi, Gedung Dwi Warna dibangun pada tahun 1938 yang berfungsi sebagai Indische Pension Fondsen (Dana Pensiun) seluruh Indonesia. Selain itu, gedung ini juga pernah berfungsi sebagai Gedung Sekretariat Konferensi Asia Afrika ke-1 pada tahun 1955, lalu berfungsi sebagai Kantor Pusat Pensiun Pegawai, Kantor Pusat Administrasi Belanja Pegawai dan Pensiun, Subdirektorat Pengumpulan Data yang kemudian menjadi Pusat Pengolahan Data dan Informasi Anggaran, dan terakhir berfungsi menjadi Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat. (aa)