Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Genjot Penerimaan Pajak, DJP Soroti Perbaikan Infrastruktur Perpajakan



Jakarta, 13/01/2014 MoF (Fiscal) News - Direktorat Jendral Pajak (DJP) terus berupaya menggenjot penerimaan pajak, antara lain dengan mengoptimalkan potensi penerimaan pajak dari sektor jasa dan perdagangan. Untuk mendukung upaya tersebut, Direktur Jenderal Pajak Fuad Rahmany berharap pada tahun 2014 terdapat penambahan pegawai pajak. Hal tersebut ia ungkapkan saat menghadiri acara Pelantikan Pengurus Asosiasi Administrasi Fiskal dan Pajak Indonesia (IFTAA) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu (11/1).

Ia menambahkan, potensi pajak akan terserap dengan lebih optimal apabila manajemen pengelolaan perpajakan di Indonesia diperbaiki. Dari segi sumber daya manusia, misalnya, potensi pajak akan tergarap dengan lebih optimal apabila rasio jumlah Wajib Pajak (WP) dengan jumlah pegawai pajak tidak terlalu jauh atau bahkan seimbang.

Sementara, dari segi infrastruktur, penambahan kantor pajak di berbagai daerah serta pengembangan teknologi informasi masih perlu ditingkatkan lagi. "Memang perlu diperbaiki  dengan menambah pegawai pajak dan infrastrukturnya, dengan menambah kantor pajak (di daerah), sehingga masyarakat tidak punya alasan lagi untuk tidak membayar pajak," jelasnya.

Namun demikian, pihaknya tetap mengapresiasi kinerja pegawai pajak sepanjang tahun 2013 lalu, mengingat dengan pegawai pajak yang ada saat ini telah mampu mendorong pertumbuhan pajak di tengah kondisi ekonomi negara yang tertekan akibat ketidakpastian ekonomi global. "Saya salut sama pegawai-pegawai DJP sekarang, mereka berkerja keras dengan hasil penerimaan pajak mampu tumbuh 10 persen, padahal ekonomi kita lagi tertekan," katanya.(ak)