Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan ASEAN Sepakat Dorong Integrasi Keuangan di Kawasan

Jakarta, 10/04/2017 Kemenkeu - Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan negara-negara ASEAN sepakat untuk mendorong integrasi keuangan di kawasan untuk mewujudkan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2025. Untuk itu, akan dilaksanakan implementasi rencana aksi strategis (Strategic Action Plan) dalam rangka mendorong keuangan kawasan yang stabil, terintegrasi, dan inklusif. Demikian disampaikan Gubernur Bank Indonesia, Agus D.W. Martowardojo, usai menghadiri pertemuan tahunan tingkat Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan ASEAN yang dilaksanakan pada Jumat (07/04) di Cebu, Filipina.


Dikutip dari rilis resmi situs Bank Indonesia, Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan ASEAN menyetujui Key Performance Indicators (KPIs) sebagai alat evaluasi agenda integrasi keuangan kawasan yang tertuang dalam rencana aksi strategis integrasi keuangan 2025.


Dengan adanya KPIs, diharapkan pengukuran kinerja inisiatif integrasi keuangan tidak hanya didasarkan pada pencapaian output dari inisiatif tersebut, namun juga mencakup seberapa besar manfaatnya bagi perekonomian secara keseluruhan. (nr/rsa)