Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Hadapi MEA, Pemerintah Bentuk ASEAN Economic Committee

Jakarta, 13/03/2014 MoF (Fiscal) News – Pemerintah membentuk Asean Economic Committee untuk kesiapan integrasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). “Bagaimana bisa mempertajam kesiapan kita (dalam MEA) antara lain dengan pembentukan ASEAN Economic Committee,” demikian diungkapkan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa di Jakarta, Rabu (12/3).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, ASEAN Economic Committee adalah komite khusus yang dibentuk untuk mempersiapkan komunitas ekonomi ASEAN yang melibatkan pemerintah dan dunia usaha. Tugas dari komite ini, lanjutnya, adalah mengidentifikasi peluang dan tantangan dalam implementasi MEA pada tahun 2015 mendatang. “Tantangan itu harus dideteksi dan diatasi, seperti yang selama ini dilakukan. Tetapi selain tantangan juga peluang, karena dengan adanya MEA 2015 akan semakin terbentang luas potensi. Sekarang dalam waktu ke depan harus semakin kita pertajam agar Indonesia menjadi pemenang, meraup manfaat dari komunitas ASEAN ini,” jelasnya.

Senada dengan Menteri Luar Negeri, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa juga berpendapat bahwa Indonesia terus meningkatkan daya saing  untuk mempersiapkan diri menghadapi MEA. “Salah satunya dengan  membentuk Komite Ekonomi ASEAN,” jelasnya.

Ia menambahkan, komite ini dibentuk untuk meningkatkan daya saing dalam memenuhi empat pilar utama MEA, yaitu pasar tunggal, daerah berdaya saing, equitable development, dan integrasi ke ekonomi dunia. “Diharapkan Indonesia dapat lebih siap dan kompetitif menghadapi MEA 2015," pungkasnya.(ans)