Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Hadiri Kongres Ketiga AFEBI, Menkeu Tekankan Pentingnya Penguatan Ekonomi Domestik

Jakarta, 19/11/2015 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang P.S. Brodjonegoro menghadiri seminar nasional dan kongres ketiga Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI) Pontianak pada 18-19 November 2015 di aula Bank Indonesia Pontianak.

Dalam sambutannya pada seminar tersebut, Menkeu membahas topik terkait perkembangan ekonomi terkini, yakni strategi kebijakan untuk menghadapi kondisi ekonomi terkini dan jangka panjang.

Menurut Menkeu, kondisi perekonomian global tahun ini merupakan kondisi yang tidak normal atau terbilang sulit. Untuk menghadapi hal itu, Indonesia perlu memperkuat perekonomian domestiknya, terutama dengan mengembangkan sektor manufaktur.

“Intinya ke depan bagaimana kita harus memperkuat ekonomi domestik, salah satunya dengan budaya untuk mengolah atau mengembangkan sektor manufaktur,” ungkapnya.

Selain itu, Menkeu juga menekankan agar setiap daerah dapat mengarahkan perekonomiannya agar tidak semata-mata bergantung pada sektor komoditas mentah. Meskipun tetap berbasis komoditas, daerah harus mulai berpikir sesuatu yang nilai atau harganya lebih stabil, yaitu dengan mengolah komoditas tersebut.

“Produk yang harganya lebih stabil itu adalah produk hasil olahan, seperti nikel, veronikel dan stainless steel,” katanya.(hi)