Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Hari Kedua, Kontrak Dagang Misi Pembelian TEI Mencapai USD186,69 Juta

Jakarta, 13/10/2016 Kemenkeu – Setelah dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (12/10), kontrak dagang misi pembelian yang telah ditandatangani dalam Trade Expo Indonesia (TEI) ke-31 mencapai total USD186,69 juta di hari kedua ini. Presiden sendiri telah meminta Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian, dan asosiasi usaha berani melakukan penetrasi ke pasar-pasar baru, yang selama ini tidak pernah diperhatikan.


Dari informasi yang dilansir melalui laman Kementerian Perdagangan, penandatanganan kontrak dagang misi pembelian di hari ke-2 didominasi oleh importir asal Australia, dengan produk makanan dan minuman.  Secara total, penandatangan hingga hari ke-2 ini telah dilakukan sebanyak 37 kali antara 30 importir dari 16 negara dengan 34 perusahaan eksportir Indonesia.


Adapun produk-produk yang memperoleh kontrak dagang paling besar yaitu minyak esensial, santan, dan dari sektor jasa berupa tenaga kerja terampil. Komoditas lainnya yang diminati yaitu kopi, semen, teh, furnitur, kabel, makanan dan minuman, batubara, hasil laut dan olahannya, serta anti fatigue mat, floor mats, cutting boards, dan modular tiles.


Sebagai informasi, TEI ke-31 diikuti 1.100 peserta yang merupakan pelaku usaha nasional, mulai dari UKM binaan, perusahaan swasta nasional, BUMN, BUMD, pemerintah daerah, hingga kementerian/lembaga. Sementara jumlah buyers yang telah terkonfirmasi hadir sebanyak 15.562 orang dari 120 negara. (as)