Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Harkitnas, ASN Kemenkeu Perlu Bersinergi Kelola Keuangan Negara

Jakarta, 20/05/2019 Kemenkeu – Pada upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 Tahun 2019 di lingkungan Kemenkeu, Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo berpesan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk menjaga semangat persatuan, kesatuan dengan menyatukan visi, misi, dan tujuan serta bersinergi dalam mengelola Keuangan Negara.

“Tema yang menjadi fokus kebijakan fiskal pada tahun ini adalah “APBN untuk Mendorong Investasi dan Daya Saing Melalui Pembangunan 4 (Investasi) Sumber Daya Manusia”. Tema ini sejalan dengan semangat Boedi Oetomo untuk meningkatkan martabat bangsa melalui pendidikan," jelasnya di Aula Dhanapala, Kemenkeu, Jakarta, Senin, (20/05). 

Menurutnya, pendidikan sebagai salah satu investasi Sumber Daya Manusia (SDM) sangat penting untuk memajukan sebuah negara karena dapat menjadi alat untuk memajukan perekonomian meskipun memiliki Sumber Daya Alam (SDA) terbatas seperti di negara maju.

"Banyak negara maju tidak memiliki Sumber Daya Alam (SDA), tetapi sebaliknya banyak negara dengan SDA melimpah tidak memiliki kesejahteraan yang baik. SDA seringkali membuat manusia terlalu nyaman sehingga lupa untuk berinovasi dan mengembangkan diri. Untuk itulah pemerintah berfokus pada pengembangan SDM sebagai kunci peningkatan produktifitas dan pemerataan kesejahteraan di masa mendatang,” pesan Wamenkeu. (ip/hpy/nr)