Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Hingga 9 Mei 2016, Dana Desa Tahap I Tersalur Rp20,29 Triliun

Jakarta, 13/05/2016 Kemenkeu – Hingga 9 Mei 2016, Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menyalurkan Dana Desa kepada 312 daerah kabupaten/kota di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Daerah yang telah menerima penyaluran Dana Desa tahap I ini merupakan kabupaten/kota yang telah menyampaikan persyaratan penyaluran Dana Desa secara lengkap.

Berdasarkan publikasi yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) pada Kamis (12/5), total dana yang telah disalurkan mencapai Rp20,29 triliun, atau sekitar 71,98 persen dari total alokasi Dana Desa tahap I.

Secara rinci, di Provinsi Aceh, Dana Desa telah disalurkan kepada 19 daerah kabupaten/kota. Di Provinsi Sumatera Utara kepada 18 kabupaten/kota, Provinsi Sumatera Barat 14 kabupaten/kota, Provinsi Riau tujuh kabupaten/kota, Provinsi Jambi delapan kabupaten/kota, Provinsi Sumatera Selatan 12 kabupaten/kota, Provinsi Bengkulu tujuh kabupaten/kota, Provinsi Lampung sembilan kabupaten/kota, di Provinsi Bangka Belitung dua kabupaten/kota, dan di Provinsi Kepulauan Riau lima kabupaten/kota.

Di Provinsi Jawa Barat, Dana Desa disalurkan kepada 13 kabupaten/kota, Provinsi Banten dua kabupaten/kota, Provinsi Jawa Tengah 23 kabupaten/kota, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tiga kabupaten/kota, dan Provinsi Jawa Timur 21 kabupaten/kota.

Di Provinsi Kalimantan Barat, Dana Desa telah disalurkan kepada delapan kabupaten/kota, Provinsi Kalimantan Tengah sepuluh kabupaten/kota, Provinsi Kalimantan Selatan enam kabupaten/kota, Provinsi Kalimantan Timur enam  kabupaten/kota, dan Provinsi Kalimantan Utara tiga kabupaten/kota.

Di Provinsi Sulawesi Utara, Dana Desa telah disalurkan kepada sembilan kabupaten/kota, di Provinsi Sulawesi Tengah kepada sembilan kabupaten/kota, di Provinsi Sulawesi Selatan 19 kabupaten/kota, Provinsi Sulawesi Tenggara sembilan kabupaten/kota, Provinsi Sulawesi Barat satu kabupaten/kota, dan Provinsi Gorontalo lima kabupaten/kota.

Di Provinsi Bali, Dana Desa telah disalurkan kepada delapan kabupaten/kota, Provinsi Nusa Tenggara Barat tujuh kabupaten/kota dan Provinsi Nusa Tenggara Timur 12 kabupaten/kota.


Sementara itu, di Provinsi Maluku, Dana Desa telah disalurkan kepada sembilan kabupaten/kota, Provinsi Maluku Utara enam kabupaten/kota , Provinsi Papua 17 kabupaten/kota, Provinsi Papua barat lima kabupaten/kota.(nv)
 

  • Informasi selengkapnya:

Daftar Daerah yang Telah Menyampaikan Persyaratan Secara Lengkap dan Disalurkan Dana Desa Tahap I TA 2016