Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

House of Indonesia, Upaya Genjot Ekspor ke Australia

Jakarta, 04/07/2017 Kemenkeu – Kementerian Perdagangan (Kemendag) berupaya  menggenjot ekspor nonmigas Indonesia ke Australia. Hal ini disambut baik Diaspora Indonesia. Diaspora Indonesia di Sydney, Australia, Suliyanti Sunaryo menggagas pendirian sebuah rumah dan sarana promosi bertajuk “House of Indonesia” (HOI) yang rencananya berdiri pada 2019 di Sydney, Australia.

Sulianti Sunaryo mengatakan bahwa HOI merupakan wadah yang menampilkan seluruh potensi Indonesia dari berbagai bidang terutama perdagangan, pariwisata dan investasi. Rumah ini nantinya akan memiliki lima program utama yaitu Trade Events and Sales Mission, Trade Advisory, Business Facilitation, Getting to Know the Remarkable Neighbour dan Pengembangan Platform e-Business.  

Dikutip dari situs Kemendag, Kementerian tersebut telah mereposisi peran Atase Perdagangan dan Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) agar lebih berperan sebagai ‘agen bisnis’ yang berorientasi pemasaran, bukan lagi sebagai pejabat yang harus didatangi. Dengan peran barunya, perwakilan perdagangan diwajibkan memiliki pengetahuan tentang buyer dan pesaing potensial, serta menguasai kemampuan business intelligent. Perwakilan perdagangan juga harus memiliki dan mengetahui product knowledge dan business process dari produk-produk ekspor Indonesia.

Lebih lanjut, Sekretaris Jenderal Kemendag Karyanto Suprih mendorong instansi pemerintah dan swasta untuk mengoptimalkan keberadaan HOI di Sydney ini. Ia juga menantang Diaspora Indonesia lainnya untuk mengikuti jejak Sulianti mendirikan HOI di negara tempat tinggalnya masing-masing. (nr/rsa)