Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

IAPI Bantu Pemerintah Rumuskan Kebijakan untuk Wajib Pajak

 

Jakarta, 31/12/2010 MoF (Fiscal) News - Kerja sama yang dilakukan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP), menurut Ketua Umum IAPI Tia Adityasih adalah amanah bagi profesi Akuntan Publik yang tidak mudah. Hal ini diungkapkan Tia saat jumpa pers di Kantor Pusat DJP, Jakarta pada Kamis (30/12).

"Ini adalah amanah bagi profesi akuntan publik dan juga tidak mudah," ujar Tia sesaat setelah penandatanganan kesepakatan bersama. Ia menambahkan, dalam kesepakatan ini, IAPI terlibat dalam pengurusan pembuatan kebijakan pemerintah terhadap Wajib Pajak. Nantinya, akan dibuat skema agar profesi akuntan publik dapat berkontribusi dalam meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak dalam memenuhi kewajibannya serta membantu pemerintah dalam merumuskan insentif bagi Wajib Pajak.

Tia menjelaskan, dalam enam bulan ke depan, IAPI dan DJP akan melaksanakan tugas masing-masing dan tetap melakukan koordinasi antara kedua pihak. Ia menambahkan, ada hal yang harus diantisipasi ke depan, yaitu pemalsuan-pemalsuan yang mengatasnamakan akuntan publik, mengingat jika hasil audit laporan keuangan wajib pajak yang diaudit oleh akuntan publik mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), maka tidak perlu diperiksa kembali oleh tim pemeriksa DJP.(adt)