Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Imbas Faktor Eksternal dan Internal, IHSG Tembus 5.000

Jakarta, 16/05/2014 MoF (Fiscal) News – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali menembus level 5000 pada penutupan perdagangan sesi I Jumat (16/5). Hal ini dinilai sebagai pertanda positif bagi perekonomian Indonesia.


Meski naiknya IHSG sendiri merupakan dampak dari rilis data di Amerika Serikat (AS) yang tidak sesuai ekspektasi, tetapi kenaikan IHSG tersebut diharapkan juga berdampak pada perbaikan ekspor Indonesia. "Data Amerika tidak sebagus seperti yang diperkirakan, sehingga itu kemudian nembus arus modal ke emerging market (negara berkembang)," jelas Menteri Keuangan (Menkeu) M.Chatib Basri.


Selain data AS, menurut Menkeu, naiknya angka Produk Domestik Bruto/Gross Domestic Product Jepang juga memberikan sentimen positif. Hal tersebut pada gilirannya juga mempengaruhi ekpektasi terhadap peningkatan ekspor Indonesia. "Dari segi sentimen global juga memang ada gejala, angkanya Jepang Gross Domestic Product-nya juga relatif baik, sehingga seperti yang saya perkirakan, orang berharap bahwa ekspor kita bisa lebih baik," katanya.


Menkeu menjelaskan bahwa level IHSG yang positif juga mendapatkan dukungan dari arah politik Indonesia yang relatif kondusif. "Kemudian tentu kombinasi internal ada, saya tidak mau spekulasi, mungkin arah dari Pemilu agak lebih jelas. Kita harus tunggu pada waktu pendaftaran, tetapi dengan dua pasang (capres-cawapres) yang ada proses politiknya akan jauh lebih cepat," jelasnya. Dengan adanya dua pasang kandidat capres-cawapres, Menkeu menilai, hal tersebut lebih memberikan kepastian. "Kepastiannya akan menjadi lebih cepat daripada kekhawatiran kalau prosesnya terjadi dua putaran," papar Menkeu.(nic)