Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

IMF: Reformasi Subsidi Energi Indonesia Bisa Jadi Contoh Negara Lain

Jakarta, 17/03/2016 Kemenkeu - Dana  Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) menilai, kesuksesan Pemerintah Indonesia dalam melakukan reformasi subsidi bahan bakar minyak (BBM) merupakan prestasi mengesankan yang dapat menjadi contoh bagi negara-negara lain.

Menurut Kepala Misi IMF untuk Indonesia Luis E. Breuer, beberapa faktor yang menunjang keberhasilan penerapan reformasi tersebut yaitu langkah-langkah tepat sasaran terkait perlindungan sosial, strategi komunikasi yang baik, timing yang tepat, termasuk juga kepemimpinan yang berani.

“Reformasi yang menonjol dalam subsidi energi itu memang sebuah prestasi mengesankan. Beberapa faktor yang memberikan hasil positif ini, termasuk langkah-langkah tepat sasaran perlindungan sosial, strategi komunikasi yang baik, timing yang tepat, dan kepemimpinan politik yang berani. Unsur-unsur ini sangat relevan dan dapat berguna untuk negara-negara lain,” jelasnya sebagaimana dikutip dari laman IMF.

Ia menambahkan, strategi komunikasi pemerintah dengan jelas telah menekankan perlunya pengalihan dari pengeluaran belanja untuk subsidi ke arah investasi infrastruktur yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan prospek pertumbuhan. “Secara bersamaan, reformasi diterapkan pada saat harga minyak sedang turun, yang mengurangi kebutuhan untuk menaikkan harga eceran bahan bakar,” katanya.(nv)