Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

IMF-WBG Annual Meetings 2018 Resmi Ditutup

Nusa Dua, Bali 14/10/18 Kemenkeu - Mengakhiri rangkaian acara Annual Meetings IMF-WBG 2018, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Managing Director IMF Christine Lagarde, dan Presiden WBG Jim Yong Kim memberikan penjelasan mengenai acara yang telah diselenggarakan selama 7 hari di Bali.

"Terima kasih atas seluruh jeri lelah Anda," ujar Christine Lagarde dalam bahasa Indonesia saat membuka sambutannya di Nusantara room, BICC, Minggu (14/10).

Ia pun mengungkapkan ini merupakan perjalanan panjang bagi Indonesia sejak terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara AM IMF-WBG 2018. Indonesia telah memberikannya sebuah memori indah selama di Bali. Mulai dari kunjungannya ke Lombok sampai melakukan penanaman terumbu karang, Ia sangat tersentuh atas segala kerja keras Indonesia.

Lebih lanjut, Presiden WBG Jim Yong Kim menyerukan hal yang sama. Dalam bahasa Indonesia yang fasih, Ia mengucapkan rasa belasungkawa untuk korban bencana alam Lombok, Palu, dan Donggala. Ia pun merasa kagum atas respon cepat pemerintah Indonesia dalam menangani bencana alam. Indonesia adalah negara yang kuat dan penuh kasih sayang, ujarnya.

Kembali Presiden Jim juga memuji pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menunjukkan komitmennya dan mengajak seluruh dunia untuk bekerjasama serta menunjukkan solidaritas dalam meraih kesejahteraan bersama. Meyakinkan dunia bahwa dalam kemajuan, tidak akan ada negara dimanapun akan ditinggalkan.

"Terima kasih kepada seluruh stakeholders, seluruh panitia penyelenggara, dan seluruh institusi yang telah bekerja sangat keras untuk menjadikan acara ini sangat sukses. Kalian benar-benar mampu menunjukkan nilai budaya Indonesia," ungkap Menkeu dengan sangat antusias.

Tak lupa Ia pun menyatakan rasa terima kasih kepada seluruh peserta dan delegasi yang telah mendukung dan menyumbang untuk korban bencana alam. Dukungan mereka menjadikan motivasi baginya untuk membangun kembali kehidupan dan ekonomi dengan sesegera mungkin.

Tidak hanya itu, Menkeu pun turut memuji dan membenarkan isu yang diangkat oleh Presiden Jokowi saat memberikan pidato pada acara Annual Meetings Plenary tempo hari. Eropa, Amerika, Jepang, dan Cina, Winter is Coming to you.

"Kami memberikan dukungan sepenuhnya dengan kehangatan dan kasih sayang dari Bali. Jagalah kehangatan yang sudah kami berikan di Bali sebagai bekal untuk menjalani musim dingin yang akan kalian hadapi," pungkas Menkeu. (mr/rsa)