Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Indonesia Akan Menjadi Tuan Rumah World Islamic Economic Forum ke-12

Jakarta, 10/05/2016 Kemenkeu - Tahun ini, Indonesia akan menjadi tuan rumah The 12th World Islamic Economic Forum (WIEF) untuk kedua kalinya. Forum yang akan dihadiri oleh 2.500 delegasi dan 60 tokoh penting dari 100 negara tersebut akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center pada tanggal 2-4 Agustus 2016.

"Kami melihat forum ini punya reputasi yang sangat baik karena bisa mendatangkan dari berbagai macam kalangan", kata Menkeu dalam sambutan pembukaanya di Jakarta pada Selasa (10/05).

Pada kesempatan kali ini, WIEF ke-12 di Indonesia akan mengangkat tema "Desentralisasi Pertumbuhan, Memberdayakan Bisnis Masa Depan". Tema tersebut memiliki visi untuk lebih mengeksplorasi dan mengembangkan peran penting dari kelompok usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di negara-negara seluruh dunia.

“Jadi kita ingin melibatkan sebanyak mungkin SME (small and medium-sized enterprises) di Indonesia untuk bisa berpartisipasi dalam WIEF ini”, jelas Menkeu.

Selain itu, Menkeu menjelaskan secara lebih detail bahwa beberapa sektor yang dapat memperoleh keuntungan dari ekonomi syariah adalah sektor industri kreatif, wisata islam, dan pasar makanan halal, serta tentunya sektor keuangan syariah. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia sangat berpotensi untuk menjadi pemain utama dalam ekonomi syariah yang terus berkembang pesat. 

"Kami melihat WIEF ini sangat strategis bagi Indonesia", jelas Menkeu.

Sebagai informasi, acara tersebut diselenggarakan atas kerja sama dari WIEF Foundation, Kementerian Keuangan, Sekretariat Negara, dan Kementerian Luar Negeri. Diharapkan WIEF ke-12 ini dapat membawa dampak positif bagi Indonesia dan negara-negara lainnya, serta menjadisarana yang ideal bagi para pemimpin dunia, pelaku bisnis, akademisi, publik figur, dan pakar bisnis agar dapat bertukar pandangan dan pengalaman serta memberikan solusi inovatif dan berkelanjutan untuk menghadapi tantangan dan peluang dalam dunia usaha. (ab)