Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Indonesia-Cina Perkuat Kerja Sama

Jakarta, 02/05/2013 MoF (Fiscal) News – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Cina Wang Yi, di Gedung Djuanda I Kementerian Keuangan, pada Kamis (2/5). Menurut Hatta, kunjungan ini bermaksud untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara, di tengah tantangan di bidang ekonomi yang sedang dihadapi kedua negara.

Dalam pertemuan ini, salah satunya, dibahas pula finalisasi draft kesepakatan antara Indonesia – Cina tentang China-Indonesia Five Year Development Program for Trade and Economic Cooperation Foreward.

Sementara itu menurut Wang Yi, kedua negara mempunya masalah yang sama yaitu untuk mengembangkan ekonomi dan membangkitkan bangsa. “Kedua negara kita sangat complimentary. Kita akan manfaatkan terus potensial kerja sama ini,” katanya.

Ia juga menyebutkan bahwa dalam 5 tahun ke depan, Cina akan melebarkan sayap investasi hingga USD1,5 triliun. “Akan ada 400 juta orang penduduk berkunjung ke luar negeri. Kami mengharapkan sahabat kami Indonesia dapat mengambil lebih banyak jatah investasi itu,” pungkasnya. (fin)