Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Indonesia dan Uni Eropa Luncurkan IEU-CEPA

Jakarta, 21/07/2016 Kemenkeu - Indonesia dan Uni Eropa meluncurkan perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA) pada Senin (18/07). Perundingan ini dapat  membawa dampak signifikan bagi Indonesia, antara lain dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, menciptakan lapangan kerja baru, alih teknologi, serta menciptakan kesempatan baru bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).


Dari informasi yang dilansir melalui laman Kementerian Perdagangan, Menteri Perdagangan Thomas Lembong dan Komisioner Perdagangan Uni Eropa Cecilia Malmström menjadi wakil masing-masing pihak saat peluncuran ini.


“Peluncuran perundingan CEPA ini menunjukkan keseriusan kedua pihak untuk melanjutkan upaya memperdalam dan memperluas hubungan strategis di bidang ekonomi dalam situasi perekonomian dunia yang tidak pasti saat ini. Perundingan IEU-CEPA diharapkan dapat selesai dalam kurun waktu dua tahun,” jelas Thomas saat konferensi pers di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta.


Sebagai informasi, peluncuran IEU-CEPA ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan scoping paper perundingan CEPA antara Indonesia dan Uni Eropa, saat kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Brussel, Belgia, pada 21 April 2016. Perundingan CEPA ini akan menempatkan Indonesia pada posisi lebih baik dalam mata rantai pasokan global karena perekonomian kedua pihak bersifat komplementer. (as)