Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Indonesia Dorong Implementasi AEoI

Jakarta, 26/07/2016 Kemenkeu – Baru-baru ini, Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 bertemu di Chengdu, RRT. Menurut Juru Bicara Kementerian Keuangan Luky Alfirman, Indonesia menyatakan fokusnya pada implementasi Automatic Exchange of Informations (AEoI). “Kita sangat-sangat mendorong penerapan AEoI karena kita tahu pentingnya data tadi, untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak,” katanya di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta pada Selasa (26/07).

Negara-negara yang sudah menyatakan kesediaannya untuk mengimplementasi AEoI, memiliki kesempatan untuk menjadi adopter awal pada 2017 maupun adopter secara penuh di tahun 2018. Oleh karena itu, Indonesia menekankan bahwa AEoI harus dijalankan dengan lebih konkrit. “Indonesia inginnya ada praktek yang jelas, termasuk kita ingin ada sanksi kalau ada negara yang tidak patuh. Harus ada sanksi yang jelas,” tegasnya.

Hal inilah yang disampaikan Indonesia dalam G20, agar sebelum implementasi AEoI mulai, hal-hal yang masih kurang tepat dapat diperbaiki. “Kita masih punya waktu untuk memperbaiki hal-hal tersebut yang bisa mengurangi efektifitas AEoI,” ungkapnya. (as)