Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Indonesia Dorong Perbaikan Iklim Investasi Negara G20

Jakarta, 21/04/2014 MoF (Fiscal) News - Indonesia selaku co-chair Investment and Infrastructure Working Group di G20 telah mengusulkan beberapa pandangan, yaitu dukungan penyusunan komitmen perbaikan iklim investasi negara anggota G20 dan penyusunan bankable infrastructure projects yang terstruktur dengan baik untuk meningkatkan channeling pembiayaan investasi infrastruktur.
 
Selain itu, Indonesia juga mendukung penuh upaya bank pembangunan multilateral, terutama Bank Dunia untuk melakukan optimalisasi balance sheet, sehingga dapat meningkatkan kapasitas pendanaan untuk memenuhi kebutuhan investasi infrastruktur.

Hal tersebut disampaikan delegasi Indonesia dalam pembahasan agenda investasi pada The 2nd G20 Finance Ministers dan World Bank–IMF Spring Meetings yang berlangsung pada 10-13 April 2014 di Washington, D.C., Amerika Serikat. Dalam pertemuan tersebut, delegasi Indonesia dipimpin oleh Menteri Keuangan M. Chatib Basri selaku Gubernur Bank Dunia untuk Indonesia bersama Gubernur Bank Indonesia Agus D.W. Martowardojo selaku Gubernur IMF untuk Indonesia.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Negara G20 (MGM) menyesalkan kegagalan G20 untuk mendorong penyelesaian the 15th IMF Quota and Governance Review (QGR). MGM mendesak agar Amerika Serikat dapat menyelesaikan proses ratifikasi ini sesegera mungkin. Dalam hal ini, Indonesia mendorong agar pembahasan masalah QGR ini lebih ditekankan pada reformasi IMF yang lebih transparan. Dengan reformasi tersebut, Indonesia berharap IMF memiliki struktur tata kelola baru yang mencerminkan perubahan tataran ekonomi global saat ini, dengan peran negara berkembang yang lebih besar.(wa)

 

Selengkapnya: Menteri Keuangan menghadiri The 2nd G20 Finance Ministers dan World Bank – IMF Spring Meeting di Washington DC, 10-11 April 2014