Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Indonesia Eximbank Dukung Program Pembangunan Smelter

Jakarta, 21/10/2013 MoF (Fiscal) News – Indonesia Eximbank mendukung program pemerintah untuk membangun pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) mineral pada tahun 2014. Saat ini bank ekspor impor milik pemerintah ini telah mendanai dua proyek pembangunan smelter oleh PT. Indo Ferro di Cilegon dan PT Bintang Delapan Mineral di Morowali, Sulawesi Tengah.


Direktur Pelaksana I Indonesia Eximbank Dwi Wahyudi mengakui, selama ini jarang sekali perbankan di Indonesia yang berminat mendanai proyek smelter karena terlalu banyak risiko yang akan menjadi beban bagi perbankan sendiri. Hal ini dikarenakan barang (mineral) yang dihasilkan harus sesuai dengan permintaan pasar, sehingga dalam setiap pembangunan smelter harus diiringi dengan pembeli yang bersedia menjamin atau membeli produk tersebut. “Jadi penjualannya harus sudah terjamin, kalau risiko itu bisa ter-managed, maka perbankan lain akan mulai masuk dalam mendalami proyek smelter tersebut,” ujar Dwi di Jakarta, Jumat malam (18/10).   


Ia menambahkan, saat ini telah membiayai PT Indoferro sebesar 60 juta dolar AS dari total investasi sekitar 130 juta dolar AS atau sekitar Rp1,3 triliun. Sementara, untuk PT Bintang Delapan Mineral sekitar Rp400 miliar hingga Rp500 miliar. Ke depan, pihaknya tengah membidik sekitar empat sampai lima perusahaan lokal maupun asing yang berniat membangun smelter di Indonesia, termasuk PT Aneka Tambang Tbk. “Dari total pembiayaan Indonesia Eximbank yang mencapai Rp36 triliun, sekitar Rp1-1,5 triliun dialokasikan untuk membiayai proyek smelter,” pungkasnya.(ans)