Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Indonesia Komitmen Dukung Upaya Pertumbuhan Ekonomi Dunia

Jakarta, 13/11/2015 Kemenkeu - Pada  15-16 November mendatang, Presiden Joko Widodo akan menghadiri G20 Leader Summit di Antalya, Turki. Di pertemuan ini, Presiden akan menyuarakan diri sebagai bagian dari negara emerging market, dan juga suara sebagai Indonesia itu sendiri. Menurut Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, salah satunya adalah Indonesia akan menyampaikan komitmennya untuk mendukung upaya pertambahan pertumbuhan yang sudah digaungkan sejak pertemuan G20 di Australia, tahun lalu.


“Dalam 5 tahun ke depan, diharapkan akan muncul pertambahan 2 persen secara global. Tapi ini tidak mudah. Misal di 2014, pertumbuhan hanya 3,4 persen. Tahun ini mungkin 3,1 persen. Jadi untuk menjadi 4-5 persen memang agak berat. Tapi Indonesia ingin jadi bagian dalam upaya pertambahan pertumbuhan tersebut,” jelas Menkeu saat konferensi pers di Aula Djuanda pada Jumat (13/11).


Menkeu menyampaikan harapannya bahwa hasil dari pertemuan G20 ini dapat memberikan stabilitas global. Menurutnya, Turki sendiri sebagai tuan rumah pertemuan G20 tahun depan telah menyampaikan fokusnya pada pertumbuhan ekonomi yang inklusif. “Australia mendorong pertumbuhan yang lebih besar. Turki ingin melengkapinya dengan pertumbuhan yang lebih inklusif,” pungkas Menkeu. (as)