Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Indonesia-Korea Selatan Perkuat Kerja Sama di Bidang Penilaian

Jakarta, 27/01/2016 Kemenkeu - Pusat Pembinaan Profesi Keuangan melakukan penandatanganan memorandum saling pengertian (MoU) dengan Korea Association of Property and Appraisers (KAPA) pada Rabu (27/1) di Aula Djuanda Kementerian Keuangan, Jakarta. Melalui MoU ini, kedua pihak sepakat untuk semakin mengintensifkan kerja sama di bidang penilaian, termasuk untuk kepentingan pembebasan lahan.

MoU ini akan mencakup beberapa lingkup kerja sama, antara lain dalam hal penelitian, pertukaran pengalaman dan tenaga ahli, pelatihan dan pengembangan kapasitas, serta dukungan mengenai bantuan pembangunan pemerintah terkait penilaian dan kompensasi pembebasan lahan.

Seperti diketahui, seiring dengan meningkatnya pembangunan ekonomi di suatu negara, konsep pembebasan lahan untuk kepentingan umum semakin penting dilakukan. Sejauh ini, Korea Selatan dikenal sebagai salah satu negara yang telah memiliki sistem pembebasan lahan untuk kepentingan umum terbaik di dunia.

Sebagai negara yang tengah melakukan percepatan pembangunan, Indonesia perlu mempelajari prosedur yang dilakukan oleh Pemerintah Korea Selatan dalam pembebasan lahan untuk kepentingan umum, termasuk metode penilaian dalam rangka pemberian kompensasinya. Hal ini mengingat, seringnya terjadi konflik yang terkait dengan masalah pembebasan lahan.

Oleh karena itu, Kepala PPPK Langgeng Subur berharap, MoU yang ditanda tangani hari ini dapat memberikan kemajuan dalam bidang penilaian, termasuk dalam urusan pembebasan lahan. “Konflik bisa dikurangi jika ada kebijakan yang jelas, prosedur yang transparan, dan layanan penilaian yang profesional dalam memberikan kompensasi yang menguntungkan,” jelasnya.(nv)