Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Indonesia Miliki Potensi Besar Kembangkan Teknologi Keuangan

Jakarta, 23/03/2017 Kemenkeu - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hadir pada acara Fintech Stage Inclusion Forum yang diselenggarakan oleh Bill & Melinda Gates Foundation, serta Omidyar Network di Jakarta Convention Center, Kamis (23/03). Sektor Financial Technology (FinTech) di Indonesia memiliki potensi besar untuk terus berkembang dan diharapkan dapat turut mendukung pemerintah, untuk mengurangi kesenjangan, kemiskinan serta menciptakan lapangan pekerjaan.


“Fintech tidak hanya dapat meningkatkan akses ke keuangan, tapi juga dapat menciptakan kesamaan kesempatan terutama untuk kelompok vulnerable seperti perempuan, anak muda, ataupun orang-orang yang tinggal di daerah pinggiran atau terpencil,” jelas Menkeu.


Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia telah mampu menjaga kestabilan pertumbuhan ekonomi. Namun, pemerintah masih memiliki beberapa tantangan ke depannya. FinTech dapat menjadi salah satu sektor potensial untuk membantu pemerintah mengurangi hambatan-hambatan tersebut. Untuk meningkatkan pertumbuhan yang inklusif, Fintech dapat menghubungkan orang-orang dengan keterbatasan akses ke keuangan, melalui teknologi.


“Pada tahun 2011-2012, tercatat 6.31% perusahaan yang memulai usaha di bidang Fintech. Angka ini kemudian meningkat pada tahun 2015-2016, yaitu 77.84%. Ini bukan meningkat tetapi lompat. Dengan jumlah pengguna internet yang lebih dari 100 juta di Indonesia, maka kami memiliki potensi yang sangat besar,” ungkapnya. (mra/as)