Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Indonesia – RRT Perkuat Kerja Sama Antarnegara

Jakarta, 09/05/2016 Kemenkeu - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebutkan bahwa Pemerintah Indonesia dan RRT sepakat untuk memperkuat kerja sama antarnegara. Salah satu yang akan dilakukan Pemerintah Indonesia adalah pembentukan China Desk di Kantor BKPM Jakarta, untuk meningkatkan pelayanan kepada investor asal RRT.  Selain itu, pemerintah juga akan membuka Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) di Beijing.


“Pemerintah Indonesia akan membentuk China Desk di kantor BKPM Jakarta untuk meningkatkan pelayanan kepada investor RRT melalui pemberian layanan konsultasi dan bimbingan terkait prosedur dan kebijakan-kebijakan investasi di Indonesia,” jelas Darmin saat acara The 2nd Meeting of High Level Economic Dialogue RI – RRT, Senin (09/05) di Jakarta, seperti dilansir melalui laman Kemenko Perekonomian.


Terkait dengan kerja sama di bidang infrastruktur, Pemerintah Indonesia telah menyiapkan daftar proyek infrastruktur potensial yang telah matang untuk ditawarkan dalam pertemuan ini. Percepatan pembangunan infrastruktur merupakan salah satu prioritas pemerintah saat ini. Salah satu proyek yang tengah fokus untuk dibangun adalah jalan sepanjang 2.000 km dan jalan tol sepanjang 1.000 km, 15 bandar udara dan 24 pelabuhan hingga tahun 2019.


Untuk membiayai pembangunan tersebut, Indonesia membutuhkan dana dengan total sebesar USD368,9 miliar, di mana 36,5% disasar dari sektor swasta. Pemerintah membuka kesempatan besar kepada investor yang tertarik untuk membantu. “Anggaran pemerintah Indonesia terbatas dan hanya dapat memenuhi 41% dari total pendanaan. Oleh karena itu, pemerintah telah meluncurkan skema Kemitraan Pemerintah-Swasta (KPS/PPP) untuk mempercepat pembangunan proyek infrastruktur,” kata Darmin.


Sebagai informasi, dalam pertemuan ini, delegasi pemerintah RRT dipimpin oleh anggota Dewan Negara Yang Jiechi. Pertemuan kali ini merupakan tindak lanjut dari The 1st Meeting of High Level Economic Dialogue RI-RRT yang dilaksanakan pada 26 Januari 2015 di Beijing, RRT. (as)